Jumat, 26 Agustus 2011

Buat Robot , Siapa takut ?


Robot
Rangkaian robot-robot industri dari fischer technik dipamerkan di acara kompetisi robotik. Bentuk robot-robot itu mirip lego, tapi lebih seperti kerangka, tipis, dan bisa bergerak. Itu bedanya dengan lego. Tapi yang lebih seru lagi, ada kompetisi robotik!

Ada mobil bisa bergerak sendiri! Ada juga alat berat yang turun naik, mencari benda yang akan diangkat. Nah, semua itu ada Ajang Kompetisi Robotik "Imagine 10 Klub Robotik" mulai 3-7 Maret 2010, di Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta.
Kebetulan, hari ini, Rabu (3/3), peserta lomba khusus pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Jakarta. Ada sepuluh sekolah yang berpartisipasi. Setiap sekolah mewakili satu kelompok yang terdiri dari tiga orang, ditambah satu guru pendamping. Apa yang mereka kerjakan, yah?
Robot
Nah, ini arena pertandingan buat si Robot Mobile. Foto: dok.kidnesia
Sebelum kompetisi dimulai, peserta diberi pengarahan untuk membuat robot seperti yang disediakan panitia. Pelatihan itu berlangsung dari pukul 10 hingga 4 sore. Setelah itu mereka saling mengadu kehebatan robot masing-masing.
Robot yang harus dibuat adalah robot mobile . Mereka juga harus membuat program-program melalui komputer supaya robot mobile itu bisa bergerak. Enggak cukup bergerak, tapi harus tahu arah, seperti, belok kanan, kiri, maju dan mundur.
Robot mobile harus bisa mengumpulkan angka terbanyak. Robot akan berjalan di tempat bercorak kotak-kotak. Oh, iya, kalau si robot nabrak, skor akan dikurangi, loh! Semakin banyak angka terkumpul dan sedikit waktu yang digunakan, dialah pemenangnya!
robot
Peserta serius banget bikin robot yang canggih. Foto: dok.kidnesia
Ajang ini pas banget buat pecinta robot, begitu kata Pak Lucas dari Klub Robotik. Menurutnya, kompetisi ini melatih anak untuk belajar memecahkan solusi dengan cara yang menyenangkan. Jadi, enggak hanya mendapat teori saja, tapi langsung praktek dan enggak cepat bosan.
Kompetisi ini terbuka untuk umum, khusus hari Minggu (7/3) mendatang. Nah, buat kamu yang tertarik, langsung saja datang ke Jakarta Convention Centre. Sebaiknya, kamu datang dari pagi karena kamu harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Selamat mencoba! (Annisa/Kidnesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar