Rabu, 24 Agustus 2011

katak transparan


Ih, ini katak sungguhan, lho. Si katak yang ditemukan di dekat Sungai Elila, bagian tenggara negara Kongo yang terletak di Benua Afrika.
Katak Transparan
karena transparan seluruh badan katak pun terlihat jelas. Foto: National Gepgraphic
Penemuan katak transparan yang mempunyai nama latinHyperolius leucotaenius membuat ilmuwan terkejut. Karena, sebelumnya diketahui kalau katak jenis ini sudah punah.
Setelah melakukan penelitian selama dua tahun sejak tahun 2009, para ilmuwan menemukan lima jenis katak yang semuanya unik.
Adanya katak-katak itu sebenarnya telah digambarkan sejak tahun 1950, tetapi mereka seolah menyembunyikan diri dari manusia.
Salah satu katak yang menarik perhatian, yaitu, katak transparan.
Kulitnya bening seperti plastik bening. Bagian dalam tubuhnya terlihat jelas sampai ke telur yang ada di dalam perutnya pun terlihat.
Kulit luarnya dihiasi warna berupa garis yang terbujur di sisi kanan dan kiri.
Hyperolius leucotaenius  memiliki kepala berwarna hijau. Nah, ujung-ujung kakinya punya warna mencolok, oranye. Hehehe, kelihatannya seperti memakai kuteks.
 Hmm, soal kenapa katak ini berwarna transparan, para imuwan pun belum bisa memberikan jawaban yang pasti. Tapi, penemuan ini membuktikan jika hewan-hewan unik ternyata masih ada. Hebat, yah!(Annisa/Kidnesia/National Graphic)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar