Rabu, 24 Agustus 2011

kepiting stroberi


Apa benar, bentuknya mirip stroberi? Hihihi, jangan-jangan rasanya juga manis seperti buah stroberi.
Melihat namanya, kepiting stroberi, nesi jadi membayangkan bentuknya yang mirip buah berwarna merah itu.
Kepiting stroberi berhasil ditemukan oleh tim peneliti biologi laut Taiwan dari National Taiwan Ocean University. Tim ini dipimpin oleh ahli biologi laut, Ho Ping Ho.
Dinamakan stroberi karena berwarna merah menyala dengan bintil-bintil berwarna putih persis seperti buah stroberi yang berukuran besar.
Kepiting spesies baru ini ditemukan di daerah lepas pantai bagian selatan Taiwan. Saat itu tim peneliti Ho sedang melakukan penelitian tentang dampak kapal-kapal yang karam terhadap
Kepiting stroberi
Ini dia kepiting stroberi. Benar-benar mirip stroberi! Foto: kompas.com
lingkungan dan biota laut pada Juni 2009 di kawasan pantai selatan Taman Nasional Kenting.
Kawasan taman nasional ini dikenal kaya akan satwa laut yang beranekaragam.
Setelah memeriksa berbagai spesies kepiting yang ada di dunia, mereka pun yakin dengan spesies baru. Dan akhirnya diberi nama kepiting baru.
Menurut ketua tim, Ho, kepiting stroberi spesies itu terlihat agak mirip dengan spesies kepiting lain yang bernama Neoliomera pubescens dan tinggal di daerah-daerah seperti Hawaii, Polynesia, dan Mauritius.
Hanya saja, kepiting stroberi ini sedikit berbeda karena bentuk kulit cangkangnya seperti kerang dan lebar sekitar 2,5 sentimeter.
Kepiting saos tiram
Kepiting rasanya euunak, apalagi kepiting saos tiram. Yummy... Foto: blogspot
Hebat, yah para peneliti itu! Mungkin generasi berikutnya kamu akan jadi peneliti yang menemukan kepiting unik lainnya. Siapa tahu ada kepiting jeruk atau kepiting apel? Hihihi...(Annisa/Kidnesia/Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar