Rabu, 24 Agustus 2011

Sains Katak Punah Ditemukan!



Apa jadinya, kalau hewan yang sudah punah ditemukan lagi? Kalau Nesi, sih bakal kaget! Dan inilah yang terjadi di tanah pertanian terpencil di Australia. Seekor katak lonceng bertotol kuning ditemukan oleh Luke Pearce, seorang petugas konservasi pada Oktober 2008.
Peristiwa itu terjadi saat Luke meneliti spesies ikan langka di Southern Tablelands negara bagian New South Wales. Waktu itu, Luke tengah mencari ikan perch pigmi di sungai yang deras airnya. Matanya tiba-tiba tertuju pada titik kuning di dekat air yang ternyata seekor katak.
Katak
Totol kuning milik si katak lonceng sangat mencolok. Foto: kompas.com
Luke berpikir kalau katak yang ia lihat itu istimewa. Tapi, karena keahliannya adalah meneliti ikan, ia tidak membuat kesimpulan apapun. Luke kembali ke tempat itu tahun 2009 bersama ahli-ahli katak. Mereka memastikan, katak itu adalah hewan yang dianggap sudah punah.
Ketika diteliti lagi, ternyata di daerah itu ada kelompok yang terdiri dari sekitar 100 ekor katak lonceng bertotol kuning. Bisa menemukan satwa langka adalah sesuatu yang luar biasa!
Paling enggak, penemuan ini memberi harapan pada kita untuk menemukan hewan lain yang diduga punah, begitu menurut Dave Hunter, petugas yang mengurusi satwa langka di Departemen Air dan Perubahan Iklim.
Hasil penemuan ini memang sengaja tidak dipublikasikan hingga sekarang agar para peneliti bisa melakukan perlindungan terhadap katak tersebut. Karena banyak katak yang jadi incaran pemburu.
Semoga saja dengan adanya penemuan katak langka itu semakin menyadarkan manusia untuk lebih memperhatikan lingkungan. Betul, enggak teman-teman? (Annisa/Kidnesia/Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar